Monday, January 22, 2018

ULANGAN HARIAN BAHASA INDONESIA, kelas 5, semester 2







                                         ULANGAN  HARIAN   1

                     Mata pelajaran          :  Bahasa Indonesia
                     Kelas  /  semester      :  V   /   2
                     Hari  /  tanggal          :   Senin, 15 Januari 2018
                     Waktu                        :   45  menit
                     Standar Kompetensi  :   5  memahami cerita tentang suatu peristiwa
                                                               dan cerita pendek anak yang disampaikan 
                                                                secara lisan.
                      Kompetensi  Dasar   :   5.1  Menanggapi cerita yang terjadi di sekitar
                                                                   yang disampaikan secara lisan.




Berilah tanggapan / komentar / saran terhadap persoalan yang terjadi di sekitar sekolah
dengan bahasa yang runtut dan santun  !

1         Persoalan  :  Ada anak kelas 5 yang main api di kelas saat pelajaran berlangsung.
       Komentar  :   .. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .

2    Persoalan   :  Ada anak kelas 5 yang tidak melaksanakan tugas piket sehingga ruang
                               Kelas tampak kotor, sampahberserakan di kolong-kolong kursi.
              Komentar  :  ……………………………..........................................................

       3.  Persoalan   :   Ada anak kelas 5 yang pada waktu istirahat menggembosi sepeda anak
                                     Kelas  6, sehingga pemiliknya mengalami kesulitan waktu mau pulang.
             Komentar   :  ………………………………………………………………………
       4.  Persoalan   :  Pada waktu upacara bendera ada anak yang tidak memakai topi, sehingga
                                    Ditegur oleh Bu Guru, dan anak tersebut disuruh berdiri sendiri di depan.
            Komentar   :  ………………………………………………………………………

      5.  Persoalan    :  Ada anak kelas 5 yang tidak mengerjakan tugas PR
                                    ………………………………………………………………………
    
       6.  Persoalan   :  Ada anak kelas  5  yang membuang sampah sembarangan
             Komentar  :  ………………………………………………………………………

       7.  Persoalan   :  Ada anak kelas 5  yang bercanda dengan teman saat pelajaran berlangsung,
                                     Sehingga menggangu teman yang sedang belajar.
             Komentar  :  …………………………………………………………………………

      8.  Persoalan    :  Tanaman bunga – bungaan di depan kelas  layu, karena sudah tiga hari
                                     Tidak turun hujan.
            Komentar    :  ………………………………………………………………………

      9.   Persoalan   :  Ada anak kelas 5 yang memarkir sepeda sembarangan, sehingga tampak
                                  tidak rapi
             Komentar  :  ………………………………………………………………………

    10.   Persoalan   :  Ada anak kelas 5  pada waktu istirahat tidak memakai sepatu, kemana- mana
                                     Hanya memakai kaos kaki  yang terlihat kumal dan bolong di ujung  kaki.
             Komentar  :  …………………………………………………………………………



                                                                                                   Karangkandri, 15 Januari 2018.

                                                                                                         Guru kelas  5



                                                                                                          Nuryanto
                                                                                                          NIP. 196004201986081002


Keterangan :

Jawaban siswa sesuai pendapat, pikiran, bahasa mereka masing – masing.








                                     ULANGAN  HARIAN   2

           Mata pelajaran          :  Bahasa Indonesia
           Kelas  /  semester      :  V   /   2
           Hari  /  tanggal          :   Senin, 15 Januari 2018
           Waktu                        :   45  menit
           Standar Kompetensi  :   5  memahami cerita tentang suatu peristiwa dan
                                                      cerita pendek anak yang disampaikan secara lisan   
          Kompetensi  Dasar    :   5.2  Mengidentifikasi unsur cerita ( tokoh,
                                                        tema, latar, amanat  )


Dengarkan cerita yang dibacakan Gurumu !

                                        Menebus Kesalahan

     Anung sedang mengambil kerereng dari dalam laci ketika Ifan mucul.
Ia mengulurkan sebuah sendok makan kepadanya. “ Nih, sendoknya.
Kupilihl
Kan yang paling bagus ! “ kata Irfan cengar- cengir, seperti ada yang dirahasiakan.
      Anung menoleh. Seuah kelereng telah ada digenggamannya. “ Cuma untuk
Lomba kelereng, kok.  Yang mana saja boleh, Kak ! “ katanya tersenyum.
Ia senang karena kakaknya begitu baik. Kakaknya mau mengambilkan sebuah
Sendok untuknya tanpa diminta. Diterimnya sendok itu.
Kedua anak itu lalu ke luar rumah.
      Di lapangan desa, telah banyak anak berkumpul. Anung dan Ifan bergabung
Dengan mereka. Suasanya riuh rendah seperti pasar.
Semua membicarakan lomba membawa kelereng yang sebentar lagi akan dimulai.
      Dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan, Karang Taruna Desa Karangsari
Mengadakan berbagi lomba. Ada lomba baca puisi, lomba membawa kelereng
dan banyak lagi.
      “ Ayo, ayo minggir ke tepi lapangan !” itu suara Kak Dion. Kentongan
Di tangannya dipukul bertalu- talu. Anak- anak tertawa lucu melihatnya,
Sembari bergegas bergerak menepi.
     “ Perlombaan akan segera dimulai dari anak laki- laki dulu ! “ kata Kak Yoyon
Yang berdiri di sebelah Kak Dion.
Kelompok pertama terdiri atas Anung, Irawan, Rori,dan Haikal .
     Keempat anak itu segera muncul dan siap berlaga. Setiap anak menaruh
Kelerengdi sendok. Lalu, ujung sendok diselipkan di Antara dua bibir.
     Kak Dion menabuh kentongan yang dibawanya. Anung, Irawan, Rori dan Haikal
Serentak melangkah. Bersamaan dengan itu, terdengar sorak sore anak- anak
di seputar tepi lapangan. Suasananya enar- benar semarak.
      Anung berada di paling depan. Konsentrasinya patut diuji. Langkahnya tenang,

perlahan tapi lebar – lebar. Kelereng di sendoknyapun tampak anteng,
tak banyak bergerak. Di tepi lapangan, Ifan berteriak, “ Lari Nung, Lari Nung ! “
       Semula, ia tak terpengaruh, namun akhirnya ia mempercepat langkahnya
Setengah berlari. Kelereng tidak banyak bergerak. Akhirnya ia sampai duluan.
Ia menjadi pemenang setelah diadu dengan kedua pemenang kelompok lainnya,
Agus dan Firdaus. Anung membagi hadiah yang diterima dengan kakaknya, Ifan.
     “ Sendok itu kuberi lem !  Ifan tertawa terbahak- bahak.  
     Darah Anung tersirap. Ia betul- betul tidak menduga. Ia segera melangkah
Ke kamar. Wajahnya tertunduk. Rasanya ada yang hendk jatuh dari matanya.
Ia menangis dalam kamar tanpa suara.
     Di sekolah, Anungpun berhasil mengalahkan limabelas anak saingannya
Dalam lomba yang sama. “ Sendok dan kelereng disediakan oleh Pak Guru.
Jadi, taka da istilah lem di sini. Tanpa lempun aku menang, kan ?
Seharusnya Kakak menghargai orang lain, “ katanya lirih.
     Di teras. Agus dan Firdaus telah menunggunya. Keduanya mengajak
Anung bermaim sepak bola. Anung memberi keduanya empat buah buku,
Masing- masing dua buah.
     Dari balik kaca jendela, Ifan memperhatikan mereka.
Buku tulis itu adalah hadiah dari lomba kelereng tempo hari.
     “ Mengapa buku- buku itu kamu berikan kepada mereka ?
Itu, kan hakmu  ! “  bisik  Ifan.
“ itu jika kakak tidak memberi lem di sendokku. Karena Kakak memberi lem,
Kemenanganku batal, tidak sah ! “
     “ Iya, Kakak Yang salah ! “  keluh Ifan menyesali perbuatannya.
     “ Sudahlah, Kak, yang penting jangan diulang ! “  ujar Anung tersenyum.
     Ifan merangkul bahu adiknya, “ Kakak menghargai kemampuanmu.
Jika bertanding, kita harus sportif, “ Anung kembali tersenyum.
Kemudian, ia menghampiri Agus dan Firdaus dengan hati lega.

Dikutip dari Bobo, tahun XXV  21 Agustus 1997  oleh  Wahyu Noor S,
Dengan mengubah seperlunya.


Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan benar  !

1         Siapakah tokoh- tokoh ceritanya, dan sebutkan masing- masing sifatnya  !
2         Di mana latar ceritanya ?
3         Tulislah kalimatnya  !   dari  soal nomor  2.
4         Apa tema cerita tersebut ?
5         Apa amanat yang bias dipetik dari cerita tersebut ?


                                                     

                                                                  



Kunci jawaban :

1  Irfan, Anung, Irawan, Rori, Firdaus, Haikal
    Irfan : curang,   Anung  : Jujur,   Haikal, Rori, Irawan : baik
2  di lapangan desa
3  Di lapangan desa, telah banyak anak berkumpul
4  Lomba  HUT  RI
5  dalam lomba harus jujur dan mengharagai kemampuan orang

                                              Karangkandri, 5 Februari  2018
                                                        Guru kelas   5


                                                        Nuryanto
                                                        NIP. 196004201986081002








                                     ULANGAN  HARIAN   3

              Mata pelajaran          :  Bahasa Indonesia
              Kelas  /  semester      :  V   /   2
              Hari  /  tanggal          :   Senin, 15 Januari 2018
              Waktu                        :   45  menit
              Standar Kompetensi  :   6  Mengungkapkan pikiran dan perasaan
                                                        Secara lisan dalam diskusi dan bermain drama.
              Kompetensi  Dasar    :   6.1  Mengommentari persoalan factual  disertai
                                                           alasan yang mendukung dengan dengan
                                                           memperhatikan plihan kata dan santun
                                                           dalam berbahasa.
                                                                                                    

Berilah tanggapan terhadap persoalan- persoalan berikut !

1   Para pedagang kaki lima membuat trotoar menjadi kotor dan semrawut.
     Tanggapan : …………………………………………………………………………………………

2   Menjelang lebaran, harga pakaian menjadi mahal.
     Tanggapan : ………………………………………………………………………………………..

3  Sebagian warga masyarakat lebih suka berbelanja di supermarket daripada
     di pasar.
     Tanggapan : ………………………………………………………………………………………

4   Bepergian naik kereta api ber AC berbahaya.
      Tanggapan  : …………………………………………………………………………………….

5   Membuang sampah sembarangan berbahaya.
     Tanggapan : ………………………………………………………………………………………

Kunci jawaban :

1   Sebaiknya para pedagang kaki lima berjualan di tempat yang sudah
     disediakan, agar tertib.
2   Sebaiknya membeli pakaian jauh hari sebelum lebaran, agar harga
     belum naik.
3   Sebaiknya masyarakat membeli di pasar tradisionil, karena harga
     lebih murah.
4   Sebainya naik kereta api ber AC memakai pakaian tebal seperti jaket,
    Agar tidak kedinginan.
5  Sebaiknya membuang sampah di tempat sampah, agar tidak
    menjadi sarang penyakit dan bahaya banjir.




                         ULANGAN  HARIAN   4

        Mata pelajaran         :  Bahasa Indonesia
        Kelas  /  semester     :  V   /   2
        Hari  /  tanggal         :   Senin, 15 Januari 2018
        Waktu                       :   45  menit
       Standar Kompetensi  :   7  Memahami teks dengan membaca sekilas,
                                                 membaca memindai dan membaca cerita anak.
                                                 secara lisan dalam diskusi dan bermain drama.
       Kompetensi  Dasar    :   7.1 Membandingkan isi dua teks yang dibaca sekilas



Bacalah teks sekilas !


                                          Dokter kecil
       Lasmi seorang gadis yang rajin, ia selalu ramah kepada siapapun.
Sudah dua tahun lasmi meninggalkan sekolah. Tenaganya disumbangkan
Untuk bekerja di rumah sakit. Ia bekerja sebagai juru rawat.
Tugas di rumh sakit sangat berat. Orang yang datang berobat kadang
Panas dan batuk- batuk. Namun demikian ia tetap rajin bekerja.
      Suatu hari Lasmi pulang dari bekerja. Dijumpainya Adam adik Lasmi.
Adam sedang mengaduk- aduk air dalam gelas dicampur dengan garam.
Kemudian memeras jeruk nipis. Air jeruk dimasukkan ke dalam gelas
Yang telah diaduk. Lasmi memperhatikan perbuatan adiknya.
“ Membuat apa, Dik ? “  tanya Lasmi.
“ O…Kak Lasmi, aku sedang membuat obat, “  jawab Adam.
“ Obat untuk siapa ?” lanjut Lasmi.
“ Untuk orang sakit,” jawab Adam.
“ O…Adikku manis. Pandai jugaa kau membuat obat,” Lasmi memuji adiknya .
Lasmi segera masuk kamar, karena badannya merasa capek.
Badannya segera direbahkan di tempat tidur. Tidak lama kemudian Adampun
Masuk ke kamar kakaknya. Ia memakai sergam kakaknya warna putih- putih
seperti pakaian dokter. Pakaian itu  sedikit besar, sehingga ujungnya
menyapu- nyapu lantai. Diambilnya seutas tali, lalu diikatkan ke pangkal
telinga. Ujungnya ditempelkan di dada Lasmi sambil diketuk- ketuk, layaknya
dokter sedang memeriksa. Pergelangan tangan Lasmi dipegang sambil
menghitung denyut nadi. Lasmi sedang diperiksa oleh dokter kecil.
Ia tersenyum melihat tingkah adiknya. Dokter Adam mengambil obat
Yang dibuatnya tadi.
     “ Minumlah obat ini, bir batuknya sembuh,” suruh dokter kecil Adam.
      Lasmi mengangguk sambil menjawab, “ ya Dok. “
      Lasmi heran kepada adiknya. Siapa yang mengajarinya.
Rupanya ia ingin menjadi dokter. Ia sangat bangga dengan cita- cita
dan kecerdasan adiknya. Lasmi berdoa mudah- mudahan cita- cita

adiknya tercapai.

                                                Sumber  :  Disunting dari Moh. Firdaus Husen
                                                                    Dokter Kecil, Jakarta : Balai Pustaka  hal : 9-11




                              PPPK  di sekolah

        Salah satu kegiatan ekstra yang dilaksanakan di SD Budi Mulia adalah
Pertolongan Pertama Pada Kecelakan  ( PPPK ). Banyak siswa yang mengikuti
kegitan tersebut. Mereka Antara lain Arman, Budi, Rina, dan Ari.
PPPK  dilatih untuk memberikan pertolongan pertama kepada para siswa
Yang terluka. Kegiatan tersebut diantaranya membersihkan luka, membalut,
merawat luka tersebut.
       Para siswa yang dilatih PPPK dengan sigap menolong teman- temannya
yang mendapat kecelakaan di sekolah. Mereka melakukan kegiatan tersebut
dengan suka rela. Para siswa sangat gembira dapat membantu teman- temannya
di sekolah.


1 Jelaskan garis besar isi kedua teks di atas !
   a  isi teks pertama :
       ……………………………………………………………………………………………………………………….
       ……………………………………………………………………………………………………………………….
       ……………………………………………………………………………………………………………………….
    b  isi teks kedua :
       ………………………………………………………………………………………………………………………..
       ………………………………………………………………………………………………………………………..
       ………………………………………………………………………………………………………………………..


2 Tulislah persamaan dan perbedaan kedua bacaan tersebut !
   a  persamaan  isi teks kesatu dan kedua :
       ………………………………………………………………………………………………………………………..
       ………………………………………………………………………………………………………………………..

   b perbedaan   isi teks kesatu dan kedua                                                                                              

     Teks  kesatu :
     …………………………………………………………………………………………………………………………..
     ………………………………………………………………………………………………………………………….

      Teks  kedua :
     …………………………………………………………………………………………………………………………
     ………………………………………………………………………………………………………………………..



Kunci Jawaban :

1 a. seorang adik yang belajar mengobati kakaknya
   b. siswa yang belajar PPPK untuk menolong teman di sekolah

1         a. kedua teks membahas masalah kesehatan
b. teks kesatu : seorng adik mengobati kakak
                  teks kedua : siswa yang belajar PPPK untuk menolong teman di sekolah



                                            Karangkandri,  12 Februari  2018
                                                         Guru kelas  5



                                                         Nuryanto
                                                         NIP. 196004201986081002


 
                                                                                                      





No comments:

Post a Comment